Categories

Apa yang dimaksud dengan peluruhan radioaktif dan reaksi fusi nuklir?

Apa yang dimaksud dengan peluruhan radioaktif dan reaksi fusi nuklir?

Penjelasan dan Jawaban

Peluruhan radioaktif adalah proses spontan dari inti atom yang tidak stabil menjadi lebih stabil dengan memancarkan partikel atau radiasi energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik (seperti sinar gamma) atau partikel subatom seperti partikel alpha (inti helium), partikel beta (elektron atau positron), atau neutron. Peluruhan radioaktif terjadi pada isotop-isotop tertentu yang memiliki kelebihan energi atau kestabilan dalam inti atomnya. Proses peluruhan radioaktif tidak dapat diubah atau dipercepat oleh kondisi eksternal seperti suhu atau tekanan.

Reaksi fusi nuklir adalah proses yang terjadi ketika dua inti atom digabungkan menjadi satu inti atom yang lebih besar. Reaksi fusi nuklir terjadi di dalam matahari dan bintang-bintang lainnya, dan merupakan sumber energi yang sangat kuat. Dalam reaksi fusi, inti atom yang sangat panas dan padat bertabrakan dan bergabung untuk membentuk inti atom yang baru. Reaksi fusi membutuhkan suhu dan tekanan yang sangat tinggi untuk mengatasi gaya tolak antarinti atom yang positif.

Kesimpulan

Peluruhan radioaktif terjadi ketika inti atom yang tidak stabil melepaskan partikel atau radiasi untuk mencapai kestabilan yang lebih tinggi. Reaksi fusi nuklir terjadi ketika dua inti atom bergabung untuk membentuk inti atom yang baru dengan melepaskan energi. Kedua proses ini memiliki peran penting dalam memahami dunia atom dan sifat-sifat inti atom.