Categories

Apa yang dimaksud dengan pengertian segitiga tumpul?

Apa yang dimaksud dengan pengertian segitiga tumpul?

Pengertian segitiga tumpul adalah suatu bentuk segitiga yang memiliki salah satu sudutnya lebih besar dari sudut-sudut yang lain. Sudut yang lebih besar tersebut disebut sudut tumpul. Dalam segitiga tumpul, panjang salah satu sisi yang berdampingan dengan sudut tumpul akan lebih pendek dari jumlah panjang kedua sisi lainnya.

Penjelasan dan Jawaban

Pengertian segitiga tumpul adalah salah satu jenis segitiga yang memiliki salah satu sudutnya yang lebih besar dari 90 derajat. Sudut yang lebih besar dari 90 derajat ini disebut sebagai sudut tumpul pada segitiga tersebut.

Seperti yang kita ketahui, segitiga biasa memiliki tiga sudut yang jumlahnya sama dengan 180 derajat. Pada segitiga tumpul, salah satu sudutnya merupakan sudut tumpul, yaitu lebih besar dari 90 derajat.

Kesimpulan

Dalam matematika, segitiga tumpul adalah jenis segitiga yang memiliki salah satu sudutnya lebih besar dari 90 derajat. Sudut ini disebut sudut tumpul dan menjadi ciri khas dari segitiga tumpul.

Penting untuk memahami konsep segitiga tumpul karena memiliki dampak dalam menghitung sisi dan sudut lainnya pada segitiga tersebut. Dalam pembelajaran matematika, segitiga tumpul sering dibahas bersama dengan jenis-jenis segitiga lainnya, seperti segitiga siku-siku dan segitiga lancip.