Categories

Apa yang dimaksud dengan sudut tumpul?

Apa yang dimaksud dengan sudut tumpul?

Sudut tumpul adalah jenis sudut yang memiliki besar lebih dari 90 derajat tetapi kurang dari 180 derajat. Sudut ini terbentuk saat dua garis atau sisi bunyi saling membelok, menciptakan sudut yang melebihi sudut siku-siku tetapi tidak mencapai sudut lurus.

Penjelasan dan Jawaban

Sudut tumpul adalah salah satu jenis sudut yang memiliki besaran lebih besar dari 90 derajat (lebih besar dari sudut siku-siku). Sudut tumpul ditandai dengan terbentuknya dua ruas garis yang bertemu membentuk sudut yang melampaui tumpul. Sudut tumpul yang berukuran tepat 90 derajat disebut dengan sudut siku-tumpul.

Contoh sudut tumpul dapat kamu temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam membentangkan kedua tangan yang membentuk sudut yang melebihi 90 derajat. Sudut tumpul juga dapat ditemukan dalam bangun geometri, seperti segitiga tumpul yang memiliki salah satu sudut tumpul.

Kesimpulan

Dalam fisika, sudut tumpul merupakan sudut yang besarnya lebih besar dari 90 derajat dan melampaui sudut siku-tumpul yang berukuran tepat 90 derajat. Sudut tumpul dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam bentuk-bentuk geometri. Mempelajari tentang sudut tumpul membantu memahami konsep sudut dalam fisika dan matematika secara lebih mendalam.