Categories

Bagaimana cara menampilkan Properties di NetBeans?

Bagaimana cara menampilkan Properties di NetBeans?

NetBeans adalah salah satu platform aplikasi pengembangan sumber terbuka yang sangat fleksibel untuk berbagai macam proyek. Dengan menggunakan fitur yang disebut “Pemilihan Properti” seseorang dapat dengan mudah mengatur dan mengkonfigurasi kode yang tersedia dalam platform ini. Namun, terkadang orang bingung bagaimana cara menampilkan properties dalam NetBeans.

Penjelasan dan Jawaban

Properties dalam NetBeans adalah kumpulan variabel, string, dan file yang berisi data yang dibaca aplikasi pada saat runtime. Menampilkan Properties di NetBeans sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi NetBeans dan buka proyek yang ingin ditampilkan Properties-nya.
  2. Klik kanan dari folder proyek tersebut dan pilih Properties.
  3. Akan muncul dialog Properties. Disini dapat dilihat berbagai informasi mengenai proyek yang sedang dibuka.

Kesimpulan

Ini adalah panduan mudah untuk menampilkan Properties di Netbeans. Membuka bagian Properties pada NetBeans dapat dilakukan dengan menggunakan tombol tertentu atau dari jendela Services. Operasi ini menawarkan kemudahan untuk mengatur suatu properti yang berhubungan dengan aplikasi ataupun form Anda.

Tutorial ini menunjukkan bahwa tindakan untuk membuka Properties terdiri dari langkah-langkah mudah dan selesai dalam hitungan detik. Dalam beberapa kasus, pengguna NetBeans juga dapat melihat aktivitas proses program dengan melihat atau mengakses properti-properti yang tersedia.