Categories

Bagaimana Cara Mengeringkan Tangkai Eceng Gondok?

Bagaimana Cara Mengeringkan Tangkai Eceng Gondok?

Akar eceng gondok telah digunakan sebagai tanaman aquascaping, namun bila orang ingin menginstal tanaman ini di aquarium, ia harus mengeringkan tangkai eceng gondok terlebih dahulu. Tanpa proses pengeringan, akar eceng gondok akan berjuang untuk menyesuaikan diri dengan suhu dan parameter air di aquarium, bahkan dapat membahayakan kesehatan ikan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengeringkan tangkai eceng gondok sebelum memasukkannya ke dalam aquarium.

Penjelasan dan Jawaban

Cara mengeringkan tangkai eceng gondok yang benar adalah dengan cara dipotong-potong menjadi kecil-kecil dan disusun seperti jaring. Hal ini untuk memastikan tanah berair tidak lama tinggal sisa air sehingga tanaman gondok ini bisa kering dengan cepat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Potong-potong tangkai eceng gondok menjadi bagian-bagian kecil-kecil.
  2. Susun potongan itu seperti jaring dengan jarak yang letak sekitar 9 cm.
  3. Letakkan jaring itu di lapangan terbuka untuk membuat proses pembuangan air yang cepat.
  4. Diamkan selama sekitar 3 hari, atau sampai gondok sudah kering.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, anda dapat dengan mudah mengeringkan tangkai eceng gondok dengan cepat. Selain itu, anda juga harus memastikan tangkai gondok tidak terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan gondok menjadi rusak.

Kesimpulan

Dari artikel ini kita dapat menyimpulkan bahwa, mengeringkan tangkai eceng gondok memiliki proses yang cukup rumit. Awal mulanya, tangkai tersebut harus segera disterilkan agar tidak terkena penyakit atau rontok. Setelah itu, lingkaran menggiring tangkai yang sudah disterilkan harus dibungkus menggunakan sedotan dan dikeringkan. Agar efektif, keringkan tangkai tersebut dalam keadaan udara panas serta sabar menunggu prosesnya sampai selesai.

Selain itu, cara yang dapat dilakukan juga dengan menggunakan pestisida sebagai penghambat tumbuh-tumbuhan yang menempel di tangkai sehingga mengurangi waktu kering yang diperlukan. Pengaplikasian pestisida juga harus dilakukan dengan teliti agar tidak mengakibatkan iritasi ataupun kerusakan. Oleh sebab itu, melakukan ini dengan bantuan dari ahli yang memang berpengalaman di bidangnya dianjurkan.