Categories

Bagaimana cara mengubah pecahan desimal tak hingga menjadi pecahan biasa?

Bagaimana cara mengubah pecahan desimal tak hingga menjadi pecahan biasa?

Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana mengubah pecahan desimal tak hingga menjadi pecahan biasa? Dalam artikel ini, kami akan membahas metode dan langkah-langkah yang dapat Anda gunakan untuk melakukan konversi ini dengan mudah dan tepat. Mari kita mulai memahami bagaimana pecahan desimal tak hingga dapat diubah menjadi pecahan biasa yang lebih sederhana.

Penjelasan dan Jawaban

Untuk mengubah pecahan desimal tak hingga menjadi pecahan biasa, kita perlu melakukan beberapa langkah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Periksa angka di sebelah kanan titik desimal, jika hanya satu angka, tuliskan angka tersebut pada pembilang pecahan dan pada penyebut diberi angka 1 diikuti dengan nol sebanyak digit di sebelah kanan titik desimal.
  2. Periksa angka di sebelah kanan angka satuan pertama. Tuliskan angka tersebut pada pembilang pecahan dan pada penyebut beri angka 1 diikuti dengan nol sebanyak digit di sebelah kanan angka satuan pertama.
  3. Periksa angka di sebelah kanan angka satuan kedua. Tuliskan angka tersebut pada pembilang pecahan dan pada penyebut beri angka 1 diikuti dengan nol sebanyak digit di sebelah kanan angka satuan kedua.
  4. Teruskan langkah ini sampai angka di sebelah kanan titik desimal habis atau berakhir.
  5. Sederhanakan pecahan jika memungkinkan dengan mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) antara pembilang dan penyebut. Kemudian bagi kedua angka tersebut dengan FPB untuk mendapatkan pecahan paling sederhana.

Sebagai contoh, kita akan mengubah pecahan desimal tak hingga 0.875 menjadi pecahan biasa:

Langkah 1: Tuliskan 875 pada pembilang dan 1000 (karena ada 3 digit di sebelah kanan titik desimal) pada penyebut.

Langkah 2: Karena tidak ada digit di sebelah kanan angka satuan pertama, kita tidak perlu melakukan langkah ini.

Langkah 3: Juga tidak ada digit di sebelah kanan angka satuan kedua, jadi langkah ini juga dapat dilewati.

Langkah 4: Karena tidak ada angka di sebelah kanan titik desimal, kita bisa melihat bahwa angka habis atau berakhir. Jadi, tidak ada langkah tambahan yang perlu dilakukan.

Langkah 5: Karena pecahan tersebut merupakan pecahan sederhana, langkah ini juga dapat dilewati.

Kesimpulan

Mengubah pecahan desimal tak hingga menjadi pecahan biasa dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya. Penting untuk memahami jumlah digit di sebelah kanan titik desimal untuk menentukan angka pada pembilang dan penyebut pecahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, pecahan desimal tak hingga dapat diubah menjadi pecahan biasa. Namun, perlu diperhatikan bahwa langkah terakhir yaitu menyederhanakan pecahan bisa dilakukan jika diperlukan agar mendapatkan pecahan yang paling sederhana.