Categories

Bagaimana mengubah persen menjadi pecahan biasa?

Bagaimana mengubah persen menjadi pecahan biasa?

Penjelasan dan Jawaban

Mengubah persen menjadi pecahan biasa dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

  1. Ubah persen menjadi bentuk desimal dengan membagi angka persen tersebut dengan 100. Misalnya, untuk mengubah 25% ke bentuk desimal, kita bagi 25 dengan 100, sehingga didapatkan nilai desimal 0.25.
  2. Ubah desimal menjadi pecahan dengan menulis angka desimal tersebut sebagai pembilang dan penyebut 1 diikuti oleh sejumlah angka nol sesuai jumlah digit di belakang koma pada desimal tersebut. Misalnya, jika nilai desimal adalah 0.25, maka angka pecahannya adalah 25/100.
  3. Sederhanakan pecahan biasa tersebut jika memungkinkan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor yang sama. Misalnya, pecahan 25/100 dapat disederhanakan menjadi 1/4 dengan membagi kedua angka dengan faktor 25.

Jadi, cara mengubah persen menjadi pecahan biasa adalah dengan mengubah persen menjadi desimal terlebih dahulu, kemudian menuliskannya sebagai pecahan dengan penyebut 1 diikuti oleh angka nol sesuai jumlah digit di belakang koma pada desimal tersebut.

Kesimpulan

Dalam matematika, persen dapat diubah menjadi pecahan biasa dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Proses ini berguna dalam melakukan perhitungan atau pembandingan antara jumlah dalam bentuk persen dan pecahan.

Dengan menguasai cara mengubah persen menjadi pecahan biasa, siswa SMP dapat lebih mudah memahami konsep matematika yang melibatkan persen dan pecahan serta dapat mengaplikasikannya dalam berbagai situasi.