Categories

Berikan contoh 3 bilangan dalam barisan aritmatika.

Berikan contoh 3 bilangan dalam barisan aritmatika.

Barisan aritmatika adalah rangkaian bilangan dengan perbedaan tetap antara setiap bilangan berurutan. Berikut ini contoh 3 bilangan dalam barisan aritmatika: 5, 9, dan 13. Perbedaan antar bilangan adalah 4.

Penjelasan dan Jawaban

Barisan aritmatika adalah rangkaian bilangan yang memiliki beda yang tetap antara setiap dua bilangan berturut-turut dalam barisannya. Contoh-contoh bilangan dalam barisan aritmatika antara lain:

  1. 5, 10, 15, 20, …
  2. -3, 2, 7, 12, …
  3. 1, 4, 7, 10, …

Dalam contoh-contoh di atas, beda antara setiap dua bilangan berturut-turut adalah 5 pada contoh pertama, 5 pada contoh kedua, dan 3 pada contoh ketiga.

Kesimpulan

Bilangan dalam barisan aritmatika memiliki pola yang berulang dengan beda yang tetap antara setiap dua bilangan berturut-turut. Dalam mengidentifikasi apakah suatu rangkaian bilangan termasuk barisan aritmatika atau tidak, perhatikan apakah terdapat beda yang tetap antara setiap dua bilangan berturut-turut.

Dengan pemahaman tentang barisan aritmatika, kita dapat memprediksi bilangan-bilangan selanjutnya dalam barisan tersebut, serta melakukan berbagai operasi dan perhitungan matematika yang berkaitan dengan barisan tersebut.