Categories

Berikan contoh kata dengan afiks dalam bahasa Indonesia beserta artinya!

Berikan contoh kata dengan afiks dalam bahasa Indonesia beserta artinya!

Dalam bahasa Indonesia terdapat banyak kata dengan afiks yang dapat memperluas makna kata dasar. Contoh kata dengan afiks antara lain: “terang” (ter- + sangar), yang memiliki arti lebih terang dari biasanya; “berlari” (ber- + lari), yang memiliki arti melakukan lari; “bertanya” (ber- + tanya), yang memiliki arti melakukan tanya. Afiks dalam bahasa Indonesia sangat penting dalam memperkaya kosakata.

Penjelasan dan Jawaban

Prefiks dan sufiks adalah jenis afiks dalam bahasa Indonesia. Prefiks adalah morfem yang diletakkan di awal sebuah kata untuk memberikan makna tambahan. Contoh kata dengan prefiks adalah:

  • berjalan (ber- adalah prefiks yang memberikan makna ‘melakukan’)
  • menulis (me- adalah prefiks yang memberikan makna ‘melakukan’)
  • terbang (ter- adalah prefiks yang memberikan makna ‘menjadi’)

Sementara itu, sufiks adalah morfem yang diletakkan di akhir sebuah kata untuk memberikan makna tambahan. Contoh kata dengan sufiks adalah:

  • rapihkan ( -kan adalah sufiks yang memberikan makna ‘melakukan’)
  • cantiknya ( -nya adalah sufiks yang memberikan makna ‘milik’)
  • bacaan ( -an adalah sufiks yang memberikan makna ‘hasil’)

Kesimpulan

Dalam bahasa Indonesia terdapat prefiks dan sufiks. Prefiks diletakkan di awal kata untuk memberikan makna tambahan, sedangkan sufiks diletakkan di akhir kata untuk memberikan makna tambahan. Contoh kata dengan prefiks adalah berjalan, menulis, terbang. Contoh kata dengan sufiks adalah rapihkan, cantiknya, bacaan.