Categories

Hasil dari ⅓ + ⅔ adalah?

Hasil dari ⅓ + ⅔ adalah?

Apakah Anda pernah bertanya-tanya hasil dari ⅓ + ⅔ adalah berapa? Di artikel ini, kita akan membahas jawabannya secara mendetail. Menggabungkan dua pecahan mungkin terdengar rumit, namun dengan sedikit penjelasan, Anda akan dapat mendapatkan hasil yang tepat. Mari kita mulai dan temukan jawabannya!

Penjelasan dan Jawaban

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menjumlahkan pecahan ⅓ dan ⅔. Agar mudah dihitung, kita harus membuat kedua pecahan memiliki penyebut yang sama.

Untuk membuat ⅓ dan ⅔ memiliki penyebut yang sama, kita perlu mencari kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari 3 dan 2. KPK dari 3 dan 2 adalah 6. Jadi, kita harus membuat kedua pecahan memiliki penyebut 6.

Untuk mengubah ⅓ menjadi pecahan dengan penyebut 6, kita perlu mengalikan pembilang dan penyebut dengan 2. Sehingga, ⅓ menjadi 2/6.

Sedangkan, untuk mengubah ⅔ menjadi pecahan dengan penyebut 6, kita perlu mengalikan pembilang dan penyebut dengan 1. Sehingga, ⅔ tetap 4/6.

Sekarang, kita dapat menjumlahkan 2/6 dan 4/6. Pertambahan pecahan dengan penyebut yang sama dilakukan dengan menjumlahkan pembilangnya. Sehingga, (2/6) + (4/6) = 6/6 = 1.

Kesimpulan

Jadi, hasil dari ⅓ + ⅔ adalah 1.