Categories

Jika suatu segitiga memiliki panjang dua sisi 6 cm dan 8 cm, berapakah panjang sisi yang tersisa jika sisi ketiga juga merupakan sisi yang sama?

Jika suatu segitiga memiliki panjang dua sisi 6 cm dan 8 cm, berapakah panjang sisi yang tersisa jika sisi ketiga juga merupakan sisi yang sama?

Jika suatu segitiga memiliki panjang dua sisi 6 cm dan 8 cm, maka panjang sisi yang tersisa dapat ditentukan menggunakan sifat-sifat segitiga. Dalam hal ini, karena sisi ketiga juga merupakan sisi yang sama, maka panjangnya akan sama dengan sisi yang tersisa. Ayo kita cari tahu!”

Penjelasan dan Jawaban

Ketika suatu segitiga memiliki panjang dua sisi yang sudah diketahui, yaitu 6 cm dan 8 cm, dan sisi ketiga juga merupakan sisi yang sama, kita dapat menggunakan formula sisi segitiga untuk mencari panjang sisi yang tersisa.

Formula sisi segitiga: panjang sisi panjang sisi = (sisi pertama + sisi kedua + sisi ketiga) / 2

Menggunakan formula tersebut, kita dapat menggantikan panjang sisi pertama dan sisi kedua dengan nilai yang sudah diketahui, yaitu 6 cm dan 8 cm:

panjang sisi ketiga = (6 cm + 8 cm + sisi ketiga) / 2

Kemudian, kita dapat menyederhanakan persamaan tersebut menjadi:

panjang sisi ketiga = (14 cm + sisi ketiga) / 2

Untuk mencari panjang sisi ketiga, kita dapat menyelesaikan persamaan tersebut:

2 * panjang sisi ketiga = 14 cm + sisi ketiga

panjang sisi ketiga = 14 cm

Jadi, panjang sisi yang tersisa jika sisi ketiga juga merupakan sisi yang sama adalah 14 cm.

Kesimpulan

Dalam segitiga dengan panjang dua sisi yang sudah diketahui, jika sisi ketiga juga merupakan sisi yang sama, panjang sisi ketiga dapat ditemukan dengan menggunakan formula sisi segitiga. Dalam kasus ini, jika sisi pertama adalah 6 cm dan sisi kedua adalah 8 cm, maka panjang sisi ketiga akan menjadi 14 cm.

Jadi, panjang sisi yang tersisa adalah 14 cm.