Categories

Jika suatu segitiga tumpul memiliki panjang dua sisi 5 cm dan 7 cm, berapakah panjang sisi yang tersisa?

Jika suatu segitiga tumpul memiliki panjang dua sisi 5 cm dan 7 cm, berapakah panjang sisi yang tersisa?

Jika suatu segitiga tumpul memiliki panjang dua sisi 5 cm dan 7 cm, maka panjang sisi yang tersisa dapat dihitung menggunakan Teorema Pythagoras. Dengan mengaplikasikan teorema tersebut, kita dapat menentukan dengan pasti panjang sisi ketiga segitiga tersebut.

Penjelasan dan Jawaban

Jika suatu segitiga tumpul memiliki panjang dua sisi yaitu 5 cm dan 7 cm, untuk mencari panjang sisi yang tersisa dapat dilakukan dengan menggunakan sifat segitiga yaitu jumlah panjang dua sisi segitiga harus lebih dari panjang sisi ketiga.

Sehingga, panjang sisi yang tersisa dapat dicari dengan mengurangi jumlah panjang dua sisi segitiga dari panjang sisi ketiga. Dalam hal ini, panjang sisi ketiga adalah panjang sisi yang tersisa. Misalnya, jika panjang sisi ketiga adalah x, maka dapat dinyatakan sebagai:

x = (panjang sisi 1) + (panjang sisi 2) – (panjang sisi ketiga)

x = 5 cm + 7 cm – (panjang sisi ketiga)

Untuk menghitung panjang sisi ketiga, kita substitusikan nilai sisi yang diketahui:

x = 5 cm + 7 cm – x

2x = 12 cm

x = 6 cm

Jadi, panjang sisi yang tersisa adalah 6 cm.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jika suatu segitiga tumpul memiliki panjang dua sisi 5 cm dan 7 cm, maka panjang sisi yang tersisa adalah 6 cm. Dalam segitiga, panjang sisi ketiga dapat diketahui dengan mengurangi jumlah panjang dua sisi dari panjang sisi ketiga.