Categories

Seorang petani memiliki 18 telur. Jika setiap kandang hanya dapat menampung 6 telur, berapa banyak kandang yang dia butuhkan?

Seorang petani memiliki 18 telur. Jika setiap kandang hanya dapat menampung 6 telur, berapa banyak kandang yang dia butuhkan?

Seorang petani memiliki 18 telur dan setiap kandang hanya dapat menampung 6 telur. Berapa banyak kandang yang dia butuhkan? Mari kita hitung! Dalam kasus ini, petani akan membutuhkan sebanyak 3 kandang untuk menampung semua telur yang dimilikinya. Kelihatannya petani ini tidak punya masalah lagi dalam mempertahankan telur-telurnya dengan aman!

Penjelasan dan Jawaban

Seorang petani memiliki 18 telur dan setiap kandang hanya dapat menampung 6 telur. Untuk mengetahui berapa banyak kandang yang dia butuhkan, kita dapat menggunakan konsep pembagian sederhana.

Apabila setiap kandang dapat menampung 6 telur, maka jumlah kandang yang dibutuhkan dapat dihitung dengan membagi total telur yang dimiliki oleh petani dengan kapasitas kandang. Dalam hal ini, 18 telur dibagi dengan 6 telur per kandang.

Dari perhitungan tersebut, didapatkan hasil 18 telur dibagi 6 telur per kandang, maka diperoleh jawaban bahwa petani tersebut membutuhkan 3 kandang.

Kesimpulan

Berdasarkan pertanyaan tersebut, petani tersebut membutuhkan 3 kandang untuk menampung seluruh telur yang dimilikinya. Dalam menghitungnya, petani harus membagi total telur yang dimiliki dengan kapasitas kandang.

Dengan mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam menyelesaikan masalah, anak-anak di tingkat Sekolah Dasar dapat belajar mengenai konsep pembagian sederhana. Melalui latihan seperti ini, mereka dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang matematika dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.