Categories

Siapa penulis Pancasila?

Siapa penulis Pancasila?

Siapa penulis Pancasila? Artikel ini akan mengulas tentang tokoh penting di balik pembentukan ideologi negara Pancasila yang menjadi dasar negara Republik Indonesia. Temukan jawabannya di dalam artikel ini!

Penjelasan dan Jawaban

Penulis Pancasila adalah Ir. Soekarno. Beliau merupakan tokoh proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang lahir dari perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Pancasila tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 sebagai ideologi negara Indonesia.

Pancasila terdiri dari lima sila yang menjadi nilai-nilai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kelima sila tersebut adalah:

  • Ketuhanan Yang Maha Esa: mengakui dan mempersatukan berbagai agama dan kepercayaan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai religius.
  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: menghormati martabat manusia, menjunjung tinggi hak asasi manusia, dan mewujudkan keadilan sosial.
  • Persatuan Indonesia: mempertahankan keutuhan dan persatuan Indonesia dalam keragaman suku, agama, ras, dan budaya.
  • Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: mewujudkan demokrasi yang berlandaskan peran serta rakyat dalam pengambilan keputusan.
  • Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: mewujudkan keadilan sosial, memajukan kesejahteraan umum, serta menjamin keadilan distribusi.

Kesimpulan

Penulis Pancasila adalah Ir. Soekarno, Proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Pancasila sebagai ideologi negara mengatur nilai-nilai dasar yang harus dipegang oleh seluruh warga negara Indonesia.